Oleh : Kanaidi, SE., M.Si & Suparno Saputra, SE., MM
(Penelitian Hibah Bersaing DIKTI/DIKNAS 2011)
Abstrak
Komunikasi dan penyampaian informasi dalam organisasi atau perusahaan saat ini dipandang memegang peranan yang penting. Perusahaan yang mampu mendapatkan keberhasilan adalah perusahaan yang di dalamnya terdapat hubungan kerja dan komunikasi yang baik antara sesama karyawan dan juga dengan atasan. Internal marketing dipandang sebagai upaya-upaya yang dilakukan organisasi untuk mensosialisasikan dan mendidik anggota organisasi dalam penggunaan inovasi.
Dalam menghadapi perubahan, para karyawan akan mengikutinya bila perubahan tersebut sejalan dengan corporate governance, dalam artian manajemen dan para karyawan dapat dipercaya, mampu bertindak dengan penuh tanggung jawab, memiliki integritas, dan kejujuran terhadap pihak lain
Begitu pula halnya di PT Pos Indonesia (Persero) sebagai entitas bisnis yang sedang menghadapi banyak perubahan organisasi saat ini, internal marketing dipandang memegang peranan penting, agar informasi tentang perubahan dapat diketahui dengan baik oleh para karyawan dan perubahan-perubahan yang ada dalam organisasi dapat dipahami, diikuti, dan diimplementasikan secara baik oleh semua pihak terkait yang ada di dalam organisasi, serta terjadinya transparency, accountability, responsibility, independency, dan fairness dalam pengelolaan perusahaan. Namun berdasarkan survei awal yang dilakukan didapati bahwa dari berbagai perubahan tersebut disinyalir masih banyak juga hal-hal yang belum terimplementasi dengan baik di PT Pos Indonesia (Persero). Fenomena tersebut disebabkan oleh belum diketahuinya secara jelas oleh para karyawan tentang informasi perubahan tersebut atau pun belum siapnya para karyawan, baik di tingkat Devisi Regional maupun di tingkat pelaksana teknis di lapangan, untuk mengikuti atau melaksanakan perubahan dan dukungan terhadap penerapan good corporate governance (GCG).
Keywords : Internal marketing, kesiapan karyawan, perubahan, good corporate governance
PENDAHULUAN
1.1. Latar Belakang
Marketing pada saat ini sangat berkembang dan semakin banyak organisasi atau perusahaan yang memanfaatkan perkembangan marketing untuk memajukan organisasi. Salah satu bentuk pemanfaatan tersebut adalah dalam hal komunikasi dan penyampaian informasi kepada konsumen dan karyawan atas keberadaan suatu produk yang dihasilkan. Komunikasi dan penyampaian informasi dalam organisasi atau perusahaan saat ini dipandang memegang peranan yang penting yang biasanya diserahkan pada fungsi marketing, yang mengemban tugas melakukan komunikasi ke dalam dan ke luar perusahaan. Peran ini mengandung arti bukan hanya sekedar menjalin hubungan yang harmonis dengan konsumen eksternal, namun . . . . .. . . (baca_selengkapnya )
Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
Kanaidi, SE., M.Si (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management).
e-mail ke : kana_ati@yahoo.com atau kanaidi@poltekpos.ac.id
-------------------------------
Butuh Artikel/Jurnal Lainnya ?, click di :
Tidak ada komentar:
Posting Komentar