Sabtu, 06 November 2010

PENYUSUNAN SISTEM INFORMASI MANAJEMEN DATABASE JABATAN FUNGSIONAL PERENCANA (JFP) BAPPENAS

oleh : Maniah
(Publikasi pada : Proceeding Seminar Nasional Techno-Economy, UTAMA, ISSN: 2086-5414,  25 Feb 2010, hal 1-13)

Abstrak
Berdasarkan pada Surat Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 16/KEP/M.PAN/3/2001 tentang Jabatan Fungsional Perencana dan Angka Kreditnya, Bappenas telah ditetapkan sebagai Instansi Pembina Perencana. Sebagai Instansi Pembina Perencana, Pusbindiklatren Bappenas harus melakukan pelayanan, melalui penyediaan data dan informasi yang diperlukan oleh Institusi Perencanaan, para perencana dan Kepala unit kerja lain yang melakukan kerjasama dengan Pusbindiklatren Bappenas.
Bentuk layanan tersebut harus diwujudkan dalam suatu bentuk produk yang bisa dirasakan oleh semua pihak yang dan pihak manajemen Pusbindiklatren Bappenas berinisiatif mencari solusi sebagai upaya memberikan  layanan yang terbaik. Salah satu alternatif yang dapat dilakukan adalah dengan membangun sebuah Sistem  informasi Manajemen Jabatan Fungsional Perencana [SIMJFP] Bappenas berbasis web. Aplikasi yang  dibangun berbasis web yang dirancang dengan platform open source dengan berbagai tingkatan akses user  sesuai dengan kewenangannya, yaitu : administrator, operator dan user pengguna lainnya yang dapat  dijalankan pada platform OS Windows server XP, Vista atau Linux, Database RDBMS dan script  pemrograman yang berorientasi object, sehingga mampu menangani dan mengelola data yang besar dan image  serta dibangun dengan pendekatan metodologi ”Software Engineering” yang baik. Untuk mendapatkan  sebuah aplikasi yang memenuhi kriteria tersebut, perlu dibuat sebuah roadmap yang mencakup  proses analisis, perancangan, implementasi, dan pemeliharaan sistem, secara ideal dari segi teknis dan  ekonomis atau lebih dikenal dengan sebutan technoeconomy yang dituangkan dalam sebuah perancangan  SIM JFP. Metode yang akan digunakan dalam pengerjaan penelitian ini meliputi Persiapan, Survey dan  Analisis, Desain, Coding, Testing, Training, Operasional. Manfaat dari penelitian ini adalah tersedianya  data/informasi JFP yang terintegrasi pada Pusbindiklatren Bappenas.
Kata Kunci : Platform open source, Software Engineering , TechnoEconomy, Project Management.

[1] LATAR BELAKANG
Sistem informasi Manajemen Jabatan Fungsional Perencana [SIMJFP] Bappenas berbasis web dibuat  berdasarkan kebutuhan bisnis dari Pusbindiklatren Bappenas. 
Berdasarkan pada Surat Keputusan Menteri Negara Pendayagunaan Aparatur Negara Nomor 16/KEP/M.PAN/3/2001 tentang Jabatan Fungsional Perencana dan Angka Kreditnya, Bappenas telah ditetapkan  sebagai Instansi Pembina Perencana. Sebagai Instansi Pembina Perencana, Pusbindiklatren Bappenas harus  melakukan pelayanan, melalui penyediaan data dan informasi yang diperlukan oleh Institusi  Perencanaan,  para perencana dan Kepala unit kerja lain yang melakukan kerjasama dengan Pusbindiklatren  Bappenas.
Pemanfaatan Sistem Informasi Manajemen JFP membantu ........

Artikel lengkap dikompilasi oleh/hubungi :
Kanaidi, SE., M.Si* (Penulis, Peneliti, PeBisnis, Trainer dan Dosen Marketing Management). 
*Profil Lengkap, lihat (click) di sini

Butuh Artikel? click di :

Tidak ada komentar:

Posting Komentar